Senin, 07 Mei 2018

Resep Cara Membuat Sayur Asam Banjar

Resep Cara Membuat Sayur Asam Banjar - Sayur asam ini segar sekali, waktu belajar masak sayur ini masih banyak tanya ini itu sama mama. Ririsooi Bahan-bahan 5 porsi
  1. 250 gram Kol
  2. 150 gram Kacang panjang Resep Cara Membuat Sayur Asam Banjar jangan abaikan juga Resep Ice Cappuccino Ala Starbuck
  3. 250 gram Terung
  4. 6 buah Belimbing sayur
  5. 500 gram ikan Trakulu segar (diutamakan bagian kepala)
  6. 10 siung bawang merah
  7. 4 siung bawang putih
  8. 4 batang sereh (serai)
  9. 1 ruas jari jahe
  10. 2 ruas jari Lengkuas
  11. 5 biji kemiri
  12. Kaldu ayam instan (saya pakai masako)
  13. 1 sdt Kunyit bubuk
  14. 3 sdt Garam (secukupnya)
  15. 1/2 sdt penyedap rasa (ajinomoto/sasa dsb)
  16. 2 gelas air asam
  17. Air
Langkah 40 menit
  1. Diperlukan kaldu ikan untuk rasa akhir dari sayur asam banjar ini. Pertama potong ikan, dan kepalanya dibelah menjadi 2 bagian. Bersihkan lalu sisihkan diwadah / panci.
  2. Untuk membuat kaldu ikan, dibutuhkan air asam, garam, penyedap rasa yang telah tercampur, siarami ikan yang telah dibersihkan sebelumnya. Tambahkan air sekitar 2gelas (500ml), masukkan 2 batang serai yang telah sedikit dimemarkan, dan kunyit bubuk. Masak hingga mendidih, angkat dan sisihkan.
  3. Ganti Siapkan bahan yang akan digunakan
  4. Ganti Potong kasar bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, jahe, dan kemiri. kemudian tumis dengan 2 sdm minyak goreng hingga wangi.
  5. Ganti Haluskan bumbu yang telah ditumis tadi, saya menumbuknya agar rasa bumbu lebih keluar (gunakan blender jika ingin praktis tapi usahakan supaya tidak menambahkan air). Sisihkan
  6. Ganti Masak air kira kira 2lt hingga mendidih, masukkan sayuran secara berkala (5 menit ke 5 menit) dimulai dari kacang panjang, terung, kemudian kol. Masukkan bumbu halus dan kaldu ayam instan aduk rata. Masak sayur dengan api sedang hingga setengah matang, masukkan potongan belimbing, kecilkan api.
  7. Ganti Masukkan ikan
  8. Ganti Masukkan kaldu ikan, aduk perlahan agar tidak menghancurkan daging ikan, perbaiki rasa, dan masak dengan api sedang Matikan kompor (usahakan agar sayuran tidak overcook) angkat panci dari tunggku. Sajikan dengan nasi hangat.
Tambah langkah sumber: resep rawon ayam bumbu bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar